Jumat, 09 September 2022

Penyebab dan Gejala Diabetes dan Begini Pencegahan Diabetes

Penyebab dan Gejala Diabetes dan Begini Pencegahan Diabetes

Penyebab dan Gejala Diabetes dan Begini Pencegahan Diabetes

Penyebab dan Gejala Diabetes dan Begini Pencegahan Diabetes

Diabetes umumnya dikenal sebagai penyakit yang menyerang lansia, namun faktanya, tidak menutup kemungkinan anak muda pun terserang penyakit ini. Gaya hidup yang tidak sehat serta faktor lain membuat penyakit diabetes rentan menyerang siapa saja tanpa memandang usia. 

Di Indonesia, kasus diabetes yang menyerang generasi muda terus mengalami peningkatan dalam 10 tahun terakhir. Akumulasi peningkatan kasus diabetes di usia muda telah mencapai 1.000 kasus atau naik sekitar 7 kali lipat. Gejala diabetes pada wanita pada umumnya sama dengan yang dialami gejala diabetes pada laki laki .

Untuk itulah, penting kiranya mengetahui apa saja penyebab dan gejala diabetes di usia muda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan langkah pencegahan agar tubuh tetap sehat. 

Penyebab Diabetes di Usia Muda - Penyebab kencing manis

Terdapat beberapa faktor penyebab diabetes di usia muda yang menyerang penderita pada usia di bawah 30 tahun. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Genetik

Penyebab utama seseorang terkena diabetes adalah faktor genetik atau faktor keturunan. Sebagai informasi, faktor genetik bukan hanya garis keturunan dari orang tua secara langsung, namun juga dari kakek, buyut, dan seterusnya. 

2. Pola Makan yang Buruk

Penyakit diabetes juga dapat dipicu dari pola makan yang buruk serta melakukan kebiasaan hidup yang tidak sehat. Pola makan yang buruk merupakan penyebab penyakit gula yang paling berbahaya.

Kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda, makanan junk food, makanan dan minuman berkarbohidrat tinggi, hingga makanan/minuman tinggi gula dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terserang diabetes. Terlebih apabila pola makan harian tidak diimbangi dengan kebutuhan serat. 

3. Jarang Berolahraga

Penyebab diabetes di usia muda yang berikutnya adalah jarang atau malas berolahraga. Tak hanya harus menjaga pola makan, setiap orang harus rajin berolahraga atau melakukan kegiatan fisik demi meminimalisir resiko terserang diabetes. 

Gejala Diabetes di Usia Muda - Gejala penyakit gula

Mengenai gejala diabetes di usia muda, biasanya tanda atau ciri-ciri yang muncul tidak terlalu berbeda jauh dengan diabetes yang menyerang lansia. Adapun gejala yang timbul adalah sebagai berikut:

1. Mudah Lapar dan Merasa Cepat Lelah (Polifagia)

Seperti yang kita tahu, energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas berasal dari penyerapan glukosa dari makanan. Untuk menyerap glukosa, dibutuhkan hormon insulin.

Penderita diabetes mengalami gangguan dalam produksi hormone insulin dalam tubuh sehingga penyerapan yang dilakukan tidak dapat berlangsung secara optimal. Efeknya tubuh tidak dapat mendapatkan energi yang cukup sehingga menjadi mudah lelah. Mudah lapar biasanya merupakan gejala gula darah tinggi pada wanita yang umum dijumpai.

2. Gangguan Penglihatan

Seiring berkembangnya zaman, gangguan penglihatan disebabkan oleh banyak hal mulai dari paparan layer smartphone/komputer dan sebagainya. Namun bagi penderita diabetes, penglihatan kabur menjadi salah satu gejala yang perlu diwaspadai. Gangguan penglihatan termasuk gejala gula darah tinggi yang berbahaya bagi mata.

Gangguan penglihatan pada penderita diabetes terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah yang membuat tubuh menarik cairan dari lensa mata. Lambat laun, kondisi ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan mata. 

3. Lebih Sering Buang Air Kecil

Gejala diabetes di usia muda yang berikutnya adalah mudah haus dan sering buang air kecil. Kondisi ini dipicu oleh kadar gula darah yang tinggi. Tubuh menarik cairan lebih banyak dari jaringan tubuh sehingga menyebabkan seseorang mudah mengalami dehidrasi. 

Umumnya gejala ini akan muncul di malam hari. Ketika tubuh harus beristirahat, sistem saraf masih tetap bekerja dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh butuh cairan. Akibatnya, penderita diabetes merasa terus haus dan menyebabkan intensitas buang air kecil menjadi lebih sering. 

4. Penurunan Berat Badan secara Bertahap

Tanpa melakukan diet pun, penderita diabetes akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh tidak normalnya penyerapan glukosa dalam darah sehingga tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan kalori harian. 

5. Luka Lebih Lama Sembuh

Gejala umum diabetes di usia muda yang berikutnya adalah luka yang dialami oleh tubuh akan lebih lama sembuh. Seiring waktu, gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan tubuh sulit untuk menyembuhkan luka atau luka sulit untuk kering.

BACA JUGA : Sayuran Yang Aman / Dilarang Untuk Penderita Diabetes Gula

Itulah beberapa penyebab dan gejala diabetes di usia muda yang harus mulai diwaspadai sejak dini. Apabila Anda memiliki faktor terserang diabetes lebih tinggi, seperti faktor genetik atau bahkan merasakan gejala di atas, sebaiknya segera cek kesehatan ke dokter. Terdapat banyak sekali gejala yang dapat kita jumpai, seperti gejala diabetes pada kaki juga sering kita temui, dan artikel ini menjelaskan gejala awal diabetes dan pencegahannya yang harus kamu lakukan. Semoga bermanfaat. Penyebab diabetes melitus.


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Thehypelifemag News | All Right Reserved