Rabu, 14 September 2022

Cara Mengobati Biang Keringat Buntet Pada Orang Dewasa dan Anak

Cara Mengobati Biang Keringat Buntet Pada Orang Dewasa dan Anak

Cara Mengobati Biang Keringat Buntet Pada Orang Dewasa - cara menghilangkan biang keringat pada anak

Cara Mengobati Biang Keringat Buntet Pada Orang Dewasa - cara menghilangkan biang keringat pada anak

Biang keringat disebut juga ruam panas adalah ancaman bagi siapa saja. Ia bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Biang keringat biasanya muncul saat cuaca lembab atau panas. Sebabnya adalah keringat yang terperangkap di bawah kulit.

Anak-anak juga menjadi sasaran biang keringat, tidak terkecuali pada wajah mereka. Saat suhu panas dan lembab, keringat yang tetap menempel pada wajah Si Kecil dalam waktu yang lama adalah ancaman bagi munculnya biang keringat. Biang keringat dapat kamu ketahui dengan melihat bintik bintik di tangan seperti biang keringat yang terlihat sangat jelas.

Melansir www.healthline.com, biang keringat bisa dibagi dalam tiga jenis. Miliaria crystallina, miliaria rubra, dan miliaria profunda. Masing-masing memiliki kekhasan.

Miliaria crystallina merupakan jenis biang keringat yang paling ringan dan kerap terjadi pada anak-anak dan bayi. Kulit Si Kecil tak terlalu gatal atau terbakar. Benjolan kecil bergerombol di kulit terlihat jernih atau berwarna seperti daging. Tampilannya seperti jerawat pada bayi. Tenang ada banyak cara menghilangkan keringat buntet di wajah yang bisa kamu lakukan.

Miliaria rubra lebih sering terjadi pada orang dewasa dibanding anak-anak. Terjadi benjolan merah, gatal, dan kulit seperti berduri.

Sementara miliaria profunda adalah biang keringat paling parah. Kondisi ini lebih menyerang orang dewasa ketimbang anak-anak atau bayi. Timbul benjolan besar berwarna seperti daging dan teksturnya terasa keras.

Jangan panik

Biang keringat memang terkadang membuat orang tua khawatir. Tidak sedikit yang merasa panik saat melihat perubahan pada wajah Si Kecil.

Memang pada akhirnya biang keringat biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada pilihan pengobatan untuk mempercepat penyembuhan. Ia bisa dilakukan dengan melibatkan medis, atau dilakukan dengan metode rumahan.

Bagaimana menghadapi Si Kecil dengan ruam panas di rumah? Mom and dad tak perlu khawatir berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh.

Pertama, mendinginkan kulit dengan air. Bila biang keringat hanya muncul di area kecil seperti wajah, usaplah area yang terkena dengan waslap dingin untuk mendinginkan kulit. Bila ruam menghilang, cobalah mandi air dingin tanpa sabun.

Kedua, menggunakan losion kalamin karena aman untuk anak-anak. Hanya saja, saat digunakan di wajah jangan sampai mengenai mulut dan mata.

Gunakan losyen calamine. Losion kalamin aman untuk anak-anak, tetapi saat menggunakannya pada wajah hindari mulut dan mata. Ini dapat membantu meredakan gatal yang terkait dengan ruam panas.

Perlu untuk menggunakan lotion tertentu yang berfungsi untuk menjaga agar saluran keringat tidak tersumbat. Gunakan pakaian dari bahan-bahan yang nyaman agar kulit Si Kecil lebih terlindungi.

Ketiga, mengenakan topi yang bisa menyerap keringat. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kelembaban dan menyedot keringat dari tubuh.

BACA JUGA : Soal dan Jawaban Pemrograman Dasar Kelas 10 Semester 2

Itulah cara mengibati biang keringat pada orang dewasa dan anak anak juga. Selain itu, mandi dengan air dingin mampu menghilangkan keringat dari wajah sekaligus mendinginkan kulit.

Selamat mencoba!


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Thehypelifemag News | All Right Reserved