Rabu, 31 Agustus 2022

Penyakit Susah Tidur dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Penyakit Susah Tidur dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Penyakit Susah Tidur dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Penyakit Susah Tidur dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Penyakit susah tidur dapat dialami oleh siapa saja, baik anak muda maupun orang dewasa. Kesulitan untuk tidur disebabkan oleh banyak faktor seperti terlalu banyak pikiran, stress, hingga metabolisme tubuh yang kurang baik. 

Saat seseorang susah tidur, maka tubuh mereka akan mudah merasa lelah, kurang fit, hingga menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Untuk itulah, penting kiranya bagi Anda mengetahui penyakit gangguan tidur dan bagaimana cara mengatasi secara alami. 

Penyakit Susah Tidur selain Insomnia

Ada banyak jenis penyakit susah tidur yang dapat dialami oleh seseorang, salah satunya adalah insomnia. Insomnia umumnya terjadi akibat seseorang terserang stress, gelisah, hingga konsumsi makanan atau obat-obatan yang membuat saraf terus terjaga meskipun tubuh merasa lelah. 

Adapun beberapa jenis penyakit susah tidur selain insomnia adalah:

  • Sleep apnea. Merupakan gangguan susah tidur yang dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. 
  • Sleep walking atau tidur berjalan. Merupakan gangguan susah tidur yang muncul saat tubuh dan otak sudah dalam fase tidur nyenyak namun otot dan saraf lain masih aktif sehingga penderita tidur sambil berjalan atau melakukan kegiatan kompleks lainnya. 
  • Narkolepsi. Penyakit gangguan tidur ini umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja yang tiba-tiba tertidur saat berkegiatan. 
  • PLMD (Periodic limb movement disorder). Kondisi gangguan gerakan tungkai periodik yang membuat penderita tiba-tiba terbangun/tersentak saat tidur. 
  • RLS (Restless leg syndrome). Gangguan tidur berupa munculnya kram, kesemutan, dan kebas pada bagian kaki yang membuat seseorang susah tidur. 

Cara Mengatasi Susah Tidur secara Alami

Apabila Anda mengalami gangguan susah tidur, maka terdapat beberapa cara mengatasi penyakit susah tidur secara alami. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Relaksasi

Relaksasi merupakan cara termudah untuk mengatasi susah tidur. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang membuat tubuh merasa lebih rileks. Contohnya yakni dengan berolahraga ringan, membaca buku, mendengarkan musik berirama tenang, hingga mandi air hangat. 

Selain itu, metode lain yang dapat dilakukan adalah memberikan aroma terapi di kamar tidur. Tujuannya yakni memberikan rasaa nyaman, tenang, dan damai sehingga tubuh lebih mudah mengantuk. 

2. Konsumsi Makanan Sehat di Malam Hari

Saat malam datang, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan berat yang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat kompleks. Hal ini karena makanan berat dapat membuat sistem pencernaan bekerja ekstra sehingga menyebabkan sulit tidur. 

Adapun rekomendasi makanan sehat yang dapat dikonsumsi adalah buah-buahan segar dan yoghurt. 

3. Hindari Kafein dan Alkohol

Kita semua tahu bahwa kafein dan alkohol akan membuat jantung dan organ tubuh lain bekerja ekstra sehingga membuat tubuh tetap terjaga. Jadi sebaiknya Anda menghindari konsumsi kafein dan alkohol di malam hari. 

Untuk mengatasi penyakit susah tidur, minuman yang paling cocok dikonsumsi adalah air putih dan susu hangat. 

4. Hindari Merokok Sebelum Tidur

Seperti halnya kafein, nikotin yang terdapat pada rokok membuat kita susah tidur. Saat kita merokok, tubuh akan bekerja keras membersihkan semua racun yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya kita mengalami kesulitan beristirahat meskipun sudah mengantuk. 

5. Membersihkan Kamar dari Debu

Cara mengatasi susah tidur yang berikutnya adalah membersihkan kamar dari debu serta menata kamar agar nyaman untuk beristirahat. Secara alam bawah sadar, kamar yang kotor dan berantakan membuat pikiran tidak tenang. 

Sebaliknya, kamar yang bersih, rapi, wangi, dan nyaman cenderung membuat otak berpikir positif sehingga lebih mudah terlelap. 

6. Hindari Stress

Meskipun terdengar mudah, namun menghindari stress adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Pasalnya terkadang kita terlalu banyak memikirkan segala sesuatu yang secara tidak sadar membuat pikiran kita tidak nyaman. 

Kondisi ini membuat otak memberikan respon negatif yang akhirnya membuat kita sulit tidur. Rasa stress berlebih juga cenderung membuat seseorang kesulitan mendapatkan tidur yang lelap dan nyenyak. Untuk itu, sebisa mungkin cobalah menghindari stress agar dapat beristirahat dengan tenang. 

Itulah beberapa jenis penyakii gangguan susah tidur dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. 

Thehypelifemag News

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Thehypelifemag News | All Right Reserved