Rabu, 31 Agustus 2022

10 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh untuk Hipertensi

10 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh untuk Hipertensi

 

10 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh untuk Hipertensi

10 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh untuk Hipertensi

Saat seseorang terserang darah tinggi atau hipertensi, umumnya dokter akan memberikan obat-obatan sebagai penurun darah tinggi. Selain itu, terdapat beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi demi membantu menurunkan tekanan darah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Ada banyak sekali jenis buah penurun darah tinggi yang terbukti ampuh dan memberikan reaksi cepat terhadap tekanan darah. Penasaran? Simak penjelasan berikut. 

Baca Juga : Penyakit Susah Tidur dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Buah Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat

Mengonsumsi buah-buahan tertentu sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan penting yang dimiliki oleh buah penurun darah tinggi seperti magnesium, vitamin, mineral, kalsium, mangnesium, hingga serat sangat baik untuk kesehatan. 

Berikut adalah pilihan buah penurun darah tinggi yang terbukti alami dan paling cepat menurunkan tekanan darah. 

1. Kiwi

Kiwi memiliki kandungan 7% magnesium, 2% kalsium, dan 9% kalium yang berguna membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Terdapat banyak sekali kandungan - kandungan yang bermanfaat pada buah kiwi. Tak hanya itu, kiwi juga memiliki mengandung vitamin C tinggi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta menangkal radikal bebas. 

2. Pisang

Bagi penderita hipertensi, pisang menjadi pilihan buah penurun darah tinggi yang mudah didapatkan dan sangat direkomendasikan sebagai camilan harian. Satu buah pisang mengandung setidaknya 12% kalium, 8% magnesium, dan 1% kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Terlihat bahwa buah pisang sangat memiliki banyak manfaat terutama bagi penderita hipertensi, sehingga buah pisang bisa dikategorikan kedalam buah penurun darah tinggi atau hipertensi.

Selain itu, pisang juga membantu menurunkan hormon stress dalam darah sehingga pembuluh darah dalam tubuh lebih rileks. Pisang juga mampu menyeimbangkan jumlah garam dalam tubuh yang berpotensi memicu hipertensi. 

3. Semangka

Buah Penurun Darah Tinggi

Semangka memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan seperti magnesium, kalium, vitamin C, dan vitamin A. Selain itu, buah penurun darah tinggi ini juga mengandung L-citrulline yang berkhasiat melebarkan pembuluh darah. Semangka dapat kita temukan sangat mudah dipasaran diseluruh wilayah negara Indonesia. Semangka yang sudah matang memiliki tinggi vitamin yang lebih tinggi dibandingkan yang belum matang. Semangka dapat menjadi salah satu penangkal atau obat bagi penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi.

4. Alpukat

Tak hanya kaya lemak baik, alpukat juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang, tubuh dapat memperoleh setidaknya 10% kalium, 5% magnesium, dan 1% kalsium. Alpukat mengandung karotenoid yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga menjadi alternatif atau pilihan yang tepat bagi kamu yang terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi, ini dikarenakan kandungannya yang sangat baik dan cocok untuk perbaikan sistem atau hormon didalam tubuh seseorang.

5. Anggur

Anggur memiliki kandungan polifenol yang berkhasiat mengontrol tekanan darah. Kandungan polifenol pada anggur juga bersifat sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan memelihara kesehatan tubuh. 

Meskipun bentuknya kecil, namun anggur kaya akan serat dan rendah kaliro sehingga dapat mencegah munculnya berbagai sindrom yang mengganggu kesehatan, termasuk hipertensi. 

6. Buah Beri

Semua jenis berry juga sangat baik dijadikan sebagai buah penurun darah tinggi, mulai dari blueberry hingga strawberry. Alasannya, buah beri mengandung senyawa flavonoid yang mampu mencegah hipertensi sekaligus mengontrol tekanan darah. 

7. Delima

Rekomendasi buah penurun darah tinggi berikutnya adalah delima. Buah ini mengandung banyak senyawa bermanfaat bagi kesehaan tubuh, seperti polifenol dan kalium, yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Konsumsi jus delima lebih dari 1 cangkir sehari selama 4 minggu akan menurunkan sistolik (batas atas tekanan darah) dan diastolik (batas bawah tekanan darah). 

8. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali nutrisi dan mineral di dalamnya. Salah satu kandungan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi adalah kandungan potasium yang mampu mengontrol tekanan darah. 

9. Belimbing

Buah penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah belimbing. Dalam 100 gram belimbing, terdapat kandungan kalium sebesar 130 mg. Zat ini mampu mengurangi resiko stroke dan menurunkan tekanan darah. Terlebih kalium juga dibutuhkan untuk menormalkan pembuluh darah yang menyuplai oksigen ke jantung dan otak. 

10. Nanas

Rekomendasi buah penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah nanas. Buah ini identik dengan rasa masam yang kaya kalium sehingga berguna bagi penderita darah tinggi. Kandungan kalium dalam nanas juga membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh. 

Itulah beberapa jenis buah penurun darah tinggi yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Selain buah di atas, masih banyak jenis buah lain yang dapat dijadikan sebagai camilan harian untuk menurunkan tekanan darah secara cepat dan alami. Semoga bermanfaat. 

Thehypelifemag News

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Thehypelifemag News | All Right Reserved